Oleh : Wahyu

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Libur tahun ajaran baru bisa menjadi momen yang tepat untuk menumbuhkan minat anak dalam menulis tangan lewat aktivitas seru bersama orang tua.

 

Menurut Sally Payne, Ahli Pediatric dari Heart of England Foundation NHS Trust, saat ini anak-anak yang baru masuk Sekolah Dasar (SD) tidak memiliki ketangkasan dan kekuatan otot tangan untuk memegang pensil. Hal ini erat kaitannya dengan menurunnya kebiasaan menulis dan penggunaan gawai yang berlebih.

 

Padahal, menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat yang anak butuhkan di periode usia tumbuh kembangnya.

 

Pakar Edukasi Anak dari Wahana Visi Indonesia Nurman Siagian, misalnya, mengungkapkan bahwa menulis dengan tangan dapat mengasah berbagai keterampilan pada saat yang bersamaan, seperti berpikir kritis dan motorik, sehingga bermanfaat meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan kecerdasan anak.

 

Sebagai bagian dari gerakan “Ayo Menulis Bersama SiDU!”, Sinar Dunia (SiDU) Buku Tulis memberikan lima tips bagi orang tua dalam mengisi libur sekolah dengan kegiatan menulis bersama anak, sebagai berikut:

 

1. Menulis Surat

Menulis surat di secarik kertas sudah semakin jarang dilakukan seiring perkembangan teknologi, karenanya kegiatan ini menjadi unik untuk dilakukan. Ajak anak untuk menulis surat berisi ungkapan sayang kepada orang tua dan minta anak untuk menyelipkannya di pintu kamar. Lakukan sebaliknya kepada anak dan lihat reaksi bahagianya.

 

Menurut Praktisi Mindful Parenting, Melly Kiong, menulis merupakan cara komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua. Melalui tulisan, anak dapat lebih bebas mengungkapkan perasaan, ide, dan imajinasinya. Tak hanya itu, orang tua cenderung dapat melihat talenta terpendam atau pun masalah yang sedang ia hadapi.

 

2. Memo Kecil

Ajak anak untuk menulis nama benda yang ia sukai, misalnya “mobil balap”, “bola”, dan sebagainya. Minta anak untuk menuliskannya di kertas memo warna-warni lalu tempelkan di salah satu dinding rumah atau kulkas.

 

Tugas orang tua adalah membuat gambar dari setiap nama benda yang ditulis anak. Lakukan setiap hari selama waktu libur sekolah, maka Anda akan mendapat materi unik, hasil kolaborasi bersama anak, untuk dibingkai dan dijadikan pajangan rumah.

 

3. Menulis Buku Harian

Libur sekolah yang tak berjarak lama dari libur lebaran pastinya masih menyisakan kenangan mudik atau silaturahmi dengan keluarga. Ajak anak untuk menulisnya pengalaman mudik dan cerita unik lain yang mereka rasakan selama Lebaran. Anda bisa membantu memberikan buku jurnal atau diary yang menarik untuk menambah semangat anak memulai jurnal pribadinya.

 

4. Menulis Dongeng di Buku

Bosan dengan buku dongeng yang ada di rumah? Mumpung waktu libur sekolah, Anda bisa mengajak anak untuk menulis dongengnya sendiri. Anda bisa menjadi teman diskusi untuk mendukung anak mengembangkan idenya. Setelah itu biarkan ia berkreasi dan menuangkan imajinasinya di atas buku. Setelah selesai, Anda bisa membaca dongengnya bersama anak sebelum tidur.

 

5. Main dan Menulis di Taman

Liburan tak perlu selalu pergi ke tempat wisata. Anda bisa melakukan aktivitas seru bersama anak di ruang publik, misalnya menulis di taman. Ajak anak untuk jalan pagi ke taman terdekat. Jangan lupa membawa buku dan alat tulis.

 

Sambil menikmati udara segar, minta anak untuk menulis nama-nama benda yang ada di taman atau kegiatan yang sering ia lakukan di taman bersama teman-temannya. Ketika anak menulis, Anda bisa menggali pengalaman bermain anak dengan teman-temannya. Tak hanya mudah dilakukan, aktivitas ini juga bisa membuat Anda semakin mengenal karakter anak.

 

Melalui lima aktivitas sederhana dan menarik di atas, Anda dapat menumbuhkan minat menulis anak yang akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasannya. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menjadi cara untuk menghindari pemakain gawai berlebihan pada anak.

 

Aktivitas tersebut sejalan dengan misi SiDU untuk menumbuhkan minat menulis anak melalui gerakan "Ayo Menulis Bersama SiDU!". Melalui gerakan tersebut, selama April – Mei 2018, SiDU yang merupakan bagian dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, telah membagikan buku latihan menulis dan pendampingan menulis selama 21 hari kepada 20.000 siswa di 100 sekolah Jabodetabek.

 

SiDU juga membuka kesempatan bagi orang tua dan guru untuk mendaftarkan sekolahnya untuk mendapat buku latihan menulis melalui www.ayomenulis.id.

 

“SiDU Buku Tulis, berkomitmen menjadi mitra orang tua, guru, dan pemerintah dalam memajukan kompetensi anak Indonesia dengan cara menumbuhkan kebiasaan menulis sejak dini. Oleh sebab itu kami menggagas gerakan ‘Ayo Menulis Bersama SiDU!’,” tutur Domestic Business Head - BU Consumer Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Martin Jimi. * (Wah/Syam)