Oleh : Wahyu

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Bulan suci Ramadan, diisi dengan sikap saling berbagi di bulan Ramadhan tentunya telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Indonesia, baik masyarakat umum, organisasi, kelembagaan dan perusahaan termasuk juga diantaranya kantor pemerintah.

 

Memasuki momen spesial ini, Carsome, platform jual mobil daring terdepan di Indonesia melakukan aksi sosial dengan membagikan 500 paket donasi berupa sembilan bahan pokok (sembako) di Yayasan Al Kahfi Pondok Bambu, Yayasan Al Kahfi Cipinang, serta keluarga-keluarga yang membutuhkan di sekitar kawasan Jabodetabek.

 

Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia mengakui upaya ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab social yang rutin dilakukan oleh Carsome selama 2 tahun terakhir.

 

“Melalui aktivitas pembagian sembako tersebut, kami ingin membantu dan berbagi berkah kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan sepanjang bulan Ramadan ini. Kami ingin nama ‘Carsome’ tak sekadar sinonim bagi platform jual mobil yang jitu, namun juga sinonim dengan kesadaran sosial,” papar Andreas Djingga.

 

Upaya Carsome berbagi berkah melalui pemberian paket sembako bagi kaum Dhuafa ini dikemas menarik, sehingga memancing partisipasi para penjual mobil juga.

 

Pada intinya, untuk setiap mobil yang terjual di bulan Ramadan tahun ini, Carsome mendonasikan Rp 100.000 untuk pembagian sembako. Dengan cara ini, para penjual mobil ikut berpartisipasi bersama Carsome untuk menyalurkan kepedulian mereka kepada sesama.

 

Andreas juga memprediksi bahwa peningkatan penjualan mobil bekas akan mencapai puncak penjualannya pada bulan Mei ini, karena menjelang hari raya Idul Fitri, serta di akhir tahun mendatang. Menurutnya, di bulan-bulan tersebut, peningkatan penjualan akan melonjak cukup signifikan.

 

"Berdasarkan pengalaman kami, penjualan mobil bekas bakal meningkat pesat saat menjelang lebaran dan akhir tahun. Kurang lebih sekitar bulan Mei, November dan Desember,” tambahnya.

 

Oleh karena itu, lanjutnya, kebetulan pula bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan, maka kami ingin beri stimulus lebih bagi para calon penjual mobil, bahwa mereka tak hanya bisa menjual mobilnya dengan menguntungkan, melainkan juga dapat otomatis berderma dan beramal saat mobil mereka terjual.

 

Setelah terkumpul, paket-paket sembako dan santunan itu didistribusikan bagi Kaum Dhuafa di kawasan Jabodetabek, yang terdiri dari orang-orang di tempat penampungan, anak yatim piatu, serta keluarga yang membutuhkan.

 

Teknis pendistribusian bantuan akan bekerja sama dengan Komunitas Muslim dan GMKI dan Organisasi Rumah DKK, sehingga diharapkan setiap bantuan bisa mencapai target yang tepat.

 

Bagi penjual mobil, Carsome juga akan memberikan cendera mata dan thank you card sebagai tanda terima kasih yang akan dikirimkan ke rumah penjual.

 

“Kami berharap program charity ini bisa bisa memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan, dan juga menambah motivasi calon penjual mobil untuk bertransaksi sambil beramal di platform kami, khususnya di momen bulan suci Ramadan,” tutup Andreas Djingga. * (Wah/Syam)