Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Kurang dari setahun setelah meluncurkan situs webnya, startup di bidang kesehatan SehatQ kembali meluncurkan aplikasi dengan dua fitur utama yakni Chat Dokter dan Booking Dokter, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

 

“SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman - apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi,” kata Founder dan CEO SehatQ Linda Wijaya.

 

Linda menjelaskan, aplikasi ini dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik.

 

Melalui fitur Chat Dokter, pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. Berbeda dengan aplikasi lainnya, SehatQ hadir bukan hanya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan, namun untuk mendampingi pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

 

Sementara itu pada fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ.

 

“Bagi rumah sakit dan klinik, fitur ini membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasien lebih baik dan efisien,” kata Linda.

 

Data pengguna sepanjang Juni-September 2019 menggambarkan bahwa mayoritas penggunanya memanfaatkan layanan untuk berkonsultasi tentang keluhan-keluhan ringan dan cara mengatasinya.

 

Meski demikian, kelompok pengguna lain, yaitu sebanyak 36%, membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. “Jadi, fitur Chat Dokter SehatQ tidak menggantikan peran fasilitas kesehatan, melainkan mengarahkan pengguna mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatannya,” ujar Linda.

 

Sejumlah pengguna pun menggunakan fitur Chat Dokter SehatQ untuk meminta rujukan dokter spesialis yang tepat untuk kondisinya, atau meminta bantuan menjelaskan hasil tes laboratorium, seperti kadar gula darah dan level kolesterol.

 

Para pengguna Chat Dokter SehatQ datang dari berbagai usia dan lokasi. Berikut ini profil pengguna Chat Dokter SehatQ, sepanjang Juni-September 2019.

 

“Berdasarkan temuan-temuan di atas, SehatQ berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan layanan yang lebih baik ke depannya melalui fitur-fitur yang lebih beragam,” kata Linda.

 

Ia menjelaskan, SehatQ pun terus memperlebar jaringan mitra layanan kesehatannya, dari yang saat ini berjumlah lebih dari 2.000 dokter di hampir 300 fasilitas. * (Syam)