Oleh : Pratama

 

Madrid, Mediaprofesi.com - Proyek "Milenial Islami" dari Indika Foundation asal Indonesia menerima tempat pertama pada program penghargaan BMW Group-UNAOC Intercultural Innovation Award. Adapun proses seleksi program sangat kompetitif, diikuti lebih dari 1.200 peserta dari 128 negara.

 

Proyek ini terpilih sebagai salah satu dari sepuluh inisiatif akar rumput global untuk menerima penghargaan prestisius yang diprakarsai BMW Group dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Aliansi Peradaban (UNAOC).

 

Pada 11 Desember 2019, Indika Foundation menerima penghargaan tertinggi dari program ini pada malam penghargaan yang diadakan di Royal Theatre di Madrid, Spanyol di depan perwakilan dari sektor publik dan swasta, masyarakat sipil dan media.

 

Upacara tersebut dipimpin oleh Perwakilan Tinggi untuk UNAOC dan mantan Menteri Luar Negeri Spanyol, H.E. Miguel Ángel Moratinos, dan Bill McAndrews, Vice President Market Communications, BMW Group.

 

"Ketika Intercultural Innovation Award memasuki tahun keenamnya, UNAOC dan BMW Group terus berkolaborasi untuk meningkatkan karya para inovator dalam bidang sosial," ungkap Miguel Ángel Moratinos pada sambutannya.

 

Moratinos menyatakan dalam konteks global saat ini, ditandai dengan konflik yang kompleks, organisasi masyarakat sipil memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku individu dan menumbuhkan nilai-nilai perdamaian dan inklusi, dan oleh karena itu pada akhirnya mereka akan memainkan peran penting dalam mempromosikan nilai-nilai ini di komunitas mereka.

 

“Dengan Intercultural Innovation Award kami merayakan inisiatif luar biasa yang diterapkan oleh individu dan/atau organisasi luar biasa. Mereka berupaya menjembatani perpecahan antar golongan dengan cara yang tepat dan inovatif,” ujar Bill McAndrews.

 

Kami di BMW Group percaya, lanjut Bill McAndrews bahwa keragaman tidak hanya berdampak positif bagi perusahaan kami, tetapi juga menjadi fondasi dasar kesuksesan kami. Itulah sebabnya kami sangat bangga dengan kemitraan kuat kami dengan UNAOC.

 

Kolaborasi ini dan penghargaan inovasi antar budaya memungkinkan kita untuk mengenali beberapa inisiatif lintas budaya yang luar biasa yang dilakukan di seluruh dunia,” paparnya. * (Pra/Syam)