Oleh : Syamhudi

Jakarta, MediaProfesi.com – Sungguh prestasi yang luar biasa dan patut dicatat di atas tinta emas atas hasil kerja keras yang dilakukan anak bangsa dari TelkomVision, hanya dalam kurun waktu satu tahun sepanjang 2011 mampu mencapai satu juta pelanggan.

Ditengah ketatnya persaingan stasiun televisi (TV) di Indonesia saat ini dan ditambah dengan adanya jaringan teknologi mutakhir, sehingga masyarakat dapat menikmati tontonan dan informasi tidak hanya TV nasional maupun TV lokal. Bahkan kecendrungan sekarang juga marak dengan masuknya investor luar dengan TV berbayar yang menyajikan berbagai hiburan, informasi dan olahraga tingkat internasional.

Namun, TelkomVision yang tergabung dalam Telkom Group sejak kelahirannya 7 Mei 2007 hingga saat ini tetap konsisten sebagai TV berbayar dan tidak gentar menghadapi persaingan global. Hal ini ditunjukan dengan berbagai program kreatif sesuai dengan kebutuhan dan yang diminati pelanggan di Indonesia. Program yang dihasilkan oleh sumber daya manusia kita ini sekaligus menjawab tantangan dan siap bersaing dengan program dan SDM dari luar negeri,

Prestasi ini mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang menganugerahi TelkomVision sebagai perusahaan TV berbayar dengan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 1 juta pelanggan dalam waktu 1 tahun sepanjang 2011 dan sebagai Pay TV pra bayar pertama di Indonesia sejak 2007.

Penghargaan yang diserahkan langsung pendiri MURI, Jaya Suprana kepada Direktur Utama TelkomVision, Elvizar KH dalam suatu gelaran acara bertajuk “Semua untuk Satu” di Jakarta, hari ini, Rabu (18/1/2012).

“Pada 2011, TelkomVision mengalami peningkatan kinerja yang cukup signifikan dengan peningkatan pendapatan hingga 77% dibandingkan 2010. Peningkatan tersebut didorong pertumbuhan jumlah pelanggan yang mencapai 370% disbanding tahun sebelumnya,” ujar Elvizar.

Menurutnya, pencapaian 1 juta pelanggan, berbagai prestasi dan kinerja performansi TelkomVision sepanjang 2011 merupakan refleksi kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk TelkomVision. Ini sekaligus bukti nyata dari hail kerja keras tim yang solid untuk memenuhi customer satisfaction serta dukungan positif dari sejumlah pihak, baik customer, mita bisnis, media, afiliasi channel, dan Telkom Group.

“Hal tersebut menjadi pondasi kuat bagi tim kami yang dimanfaatkan sebagai senjata ampuh untuk meraih mimpi kami sebagai Number One Pay TV di Indonesia,” ujarnya.

Dengan mengusung semangat “TelkomVision, Nomor Satu:, maka di 2012 ini TelkomVision optimis mampu memenuhi target 2,5 juta pelanggan, dan siap untuk meraih kredibiltas sebagai Top Brand 2012.

Guna mencapai target tersebut, TelkomVision terus meningkatkan kualitas pelayanan dan performansi kinerja disejumlah pilar utama, yaitu layanan customer care TelkomVision Interact, inovasi produk dengan teknologi futuristik, meluncurkan berbagai macam paket baru dengan content channel yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Di awal 2012 ini pun TelkomVision akan semakin agresif dalam melakukan ekspansi dan penetrasi pasar dengan mengkampanyekan slogan “Satu Banyak Untung” ke sejumlah kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, Pekanbaru, Palembang, dan Medan.

Kampanye ini digulirkan untuk menegaskan keunggulan TelkomVision bahwa masyarakat cukup membeli satu produk TelkomVision, sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti channel-channel yang cocok untuk seluruh genre usia dan berkualitas.

Dan metode pembayaran yang ditawarkan sangat pleksibel, yaitu dengan sistem voucher tau pun berlangganan bulanan (abonemen), layanan presales, in sales dan after sales yang terintegrasi dengan akses yang mudah dihubungi pelanggan yaitu dengan menggunakan nomor 147. * (Syam)