Oleh : Pratama

Jakarta, MediaProfesi.com - ASUS menghadirkan perangkat networking terbaru dengan produk wireless router RT-N12E yang dirancang secara khusus agar memberikan kinerja yang optimal sekaligus ramah lingkungan.

Wireless router ini mampu menghemat konsumsi daya hingga 72%, meski menggunakan antena 5dBi untuk memberikan jangkauan sinyal nirkabel yang lebih luas, kuat dan stabil.

Para tenaga ahli di ASUS melengkapinya dengan sebuah antarmuka yang begitu mudah digunakan, bahkan memungkinkan pengguna untuk melakukan proses instalasi dan pengaturan jaringan hanya dalam waktu sekitar dua menit, sehingga pengguna tak perlu lagi mengalami kesulitan yang biasa dihadapi dengan router konvensional.

Konsumsi daya wireless router ASUS RT-N12E ini hanya sekitar 1,03-1,75 Watt/jam. Ini artinya hanya sekitar sepertiga dari konsumsi daya yang dibutuhkan dibandingkan wireless router kebanyakan.

Mengingat kebanyakan skenario penggunaan wireless router baik di rumah ataupun di lingkungan kerja adalah beroperasi selama non-stop 24 jam sehari, bahkan mayoritas pengguna akan membiarkannya terus terpasang selama 365 hari setahun, maka penghematan dalam setahun mencapai sekitar 9.000 Watt.

Penghematan konsumsi daya dapat melebihi 9kWh dalam setahun,untuk skenario penggunaan yang menggunakan jaringan nirkabel dengan transmisi data yang lebih intensif dan jumlah perangkat nirkabel terkoneksi yang semakin banyak.

Menggunakan antena ganda, high gain 5dBi, yang memastikan pancaran sinyal yang kuat dan dapat dengan lebih mudah mencapai ke perangkat nirkabel dibandingkan dengan wireless router berantena tunggal. Wireless router hemat listrik yang ramah lingkungan ini memiliki kemampuan transmisi data yang dapat memastikan dan menjaga sekaligus memperluas jangkauan jaringan,

User interface ASUS QIS menawarkan para penggguna sebuah pengaturan router yang intuitif, pengguna hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit dan lima kali klik mouse saja untuk menyelesaikan proses pengaturan.

Tidak lagi perlu membaca manual ataupun menjalankan aplikasi instalasi dari sebuah disc untuk melakukan setup, dan semua proses instalasi maupun pengelolaan router dilakukan melalui web browser. Wireless router ini juga sudah mendukung kebanyakan sistem operasi terkemuka.

Wireless router ASUS RT-N12E akan segera tersedia di Indonesia mulai bulan April 2012, kisaran harga USD 40, didistribusikan oleh Astrindo Senayasa, dengan garansi selama 3 tahun. * (Pra/Syam)