Oleh: Yudi

Jakarta, MediaProfesi.com - ASUS meluncurkan router nirkabel RT-N15U yang menghadirkan pengalaman jaringan terbaik di rumah dan UKM dengan kecepatan transfer data 300 Mbps dan koneksi Gigabit yang berkualitas.

Tidak perlu proses instalasi yang rumit untuk dapat mengakses jaringan, ditambah antarmuka yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna dapat melakukan konfigurasi router dengan mudah. Port USB memungkinkan RT-N15U dapat mendukung berbagai aplikasi dan fungsi, seperti print server, FTP server, dan streaming UPnP.

Desain unik RT-N15U memungkinkannya untuk dipasang di dinding, ditambah dengan pilihan fungsi sebagai repeater, router ini juga dapat digunakan untuk memperpanjang jarak dengan memancarkan kem bali sinyal agar jangkauan jaringan lebih luas, jika jarak untuk koneksi langsung terlalu jauh.

Dengan pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya, pengguna akan mendapatkan sinyal Wi-Fi yang lebih kuat pada SSID yang sama.

RT-N15U Black Diamond dilengkapi keamanan jaringan nirkabel lebih ketat, yang mendukung hingga empat SSID.

Fungsi ini memungkinkan dibentuknya jaringan-jaringan nirkabel tersendiri, masing-masing dengan kinerja dan pengaturan keamanannya tersendiri.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk memprioritaskan jaringan dengan tingkat keamanan dan bandwidth yang tinggi untuk penggunaan personal, sekaligus membuat jaringan nirkabel yang lebih terbuka dengan bandwidth lebih rendah untuk para tamu.

Router nirkabel ASUS RT-N15U dilengkapi EZ UI, graphical user interface yang intuitif dan mudah digunakan seperti saat menghubungkan dengan printer dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan.

Selain itu, dil engkapi dengan berbagai solusi konektivitas yang inovatif, seperti EZ All-in-One Printer, QIS, dan Ai Disk. EZ All-in-One Printer memungkinkan sharing printer dan scanner tanpa butuh server khusus yang mengatur prosesnya, sehingga dapat meningkatkan efisiensi.

EZ All-in-One Printer dapat mendukung dan mendeteksi kebanyakan printer di pasaran. QIS (Quick Internet Setup) memberikan kemudahan koneksi ke Internet, cukup dengan tiga langkah mudah.

Sedangkan Ai Disk memungkinkan pengguna untuk mengatur FTP server di rumah, dengan tiga langkah mudah.

Suatu hal yang perlu diperhatikan bahwa semua repeater, termasuk modus Universal Wireless Repeater, akan menggunakan setengah bandwidth yang tersedia dari router utama untuk pengguna yang terhubung ke repeater secara nirkabel. Saat ini, RT-N15U hanya mendukung repeater pada setting 2,4 GHz.

Wireless router ASUS RT-N15U telah tersedia di pasar Indonesia dengan kisaran harga USD 85, dengan garansi selama 3 tahun. * (Yud/Syam)