Oleh : Eggy

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Kartu grafis ASUS GeForce® GTX 680 DirectCU II TOP hadirkan pilihan produk terbaik, khususnya untuk para gamer dan pengguna yang mengutamakan kinerja PC.

 

Dengan menggunakan GPU yang dipilih secara khusus sehingga terpilih GPU TOP-selected 28nm NVIDIA® GeForce® GTX 680 yang sudah di-overclock dari ASUS menjadi 1201MHz untuk meningkatkan frame rate saat bermain game, 143MHz lebih cepat dibanding kartu grafis referensi.

 

Solusi pendinginan yang dirancang ASUS, DirectCU II, menggunakan dua fan 100mm yang 14dB lebih hening dan 20% lebih dingin dibanding menggunakan pendingin standar. ASUS juga telah menambahkan catuan daya dengan pengaturan secara digital dengan 10-phase DIGI+ VRM yang mengurangi noise 30%, dikombinasikan dengan ketangguhan komponen Super Alloy Power yang tahan 2,5 lebih lama dibanding referensi.

 

Pengguna juga dapat memanfaatkan kelebihan kartu grafis dengan kemampuan overclocking dan overvolting yang lebih baik ini, baik pada tingkat hardware dengan tersedianya VGA Hotwire, dan pada tingkat software dengan utility GPU Tweak. ASUS juga memperkenalkan kartu grafis ASUS GeForce® GTX 680 DirectCU II OC edition, dengan GPU clock 1019MHz dan boost clock pada 1084MHz, dengan pendingin DirectCU II dan PCB yang sama dengan versi TOP.

 

Jajaran kartu grafis ASUS TOP menggunakan GPU terpilih dengan kinerja terbaik, melalui serangkaian proses pemilihan dengan uji coba yang ketat. Kartu grafis ASUS GeForce® GTX 680 DirectCU II TOP telah di-overclock dari pabrik pada core clock 1201MHz, untuk meningkatkan frame rate sehingga menghadirkan game yang lebih mulus, bahkan pada game yang paling berat.

 

Kartu grafis ini juga telah lolos serangkaian pengujian yang lengkap untuk ketahanan panas, sehingga GPU pada kartu grafis seri TOP ini dapat mengatasi beban overclocking dengan lebih baik. Ditambah lagi penggunaan PCB yang telah di-upgrade oleh para ahli di ASUS sehingga kartu grafis ini dapat lebih tahan panas dan beban dibanding komponen yang digunakan pada kartu grafis referensi.

 

Dibuat khusus untuk kartu grafis GeForce® GTX 680 dengan GPU yang sudah di-overclock dari pabrik, desain ASUS DirectCU II mendinginkan temperatur sehingga memastikan kartu grafis lebih cepat, hening dan lebih stabil juga lebih tahan lama.

 

Pendingin DirectCU II yang menggunakan 5 heatpipe dari tembaga, dengan area pelepasan panas yang 20% lebih luas dibanding referensi, memastikan pelepasan panas yang lebih cepat. Solusi pendingin DirectCU II menggunakan dua sound-dampened fan 100mm untuk peningkatan airflow, sehingga 20% lebih dingin dan 14dB lebih hening saat beroperasi, dibandingkan kartu grafis referensi GeForce® GTX 680.

 

Hal ini memungkinkan para gamer dapat menikmati kinerja terbaik dengan tingkat kebisingan yang sangat minim, sebuah kombinasi terbaik dan menarik yang sangat diidamkan pengguna.

Melengkapi DirectCU II pada GeForce® GTX 680 adalah dua teknologi distribusi catuan daya eksklusif dari ASUS. DIGI+ VRM, rancangan yang telah digunakan pada motherboard ASUS sejak 2010, dengan digital voltage regulator untuk modulation range yang lebih lebar, sehingga memberikan fleksibilitas overclocking yang lebih baik.

 

10-phase DIGI+ VRM yang digunakan dapat mengurangi power noise hingga 30% dibanding referensi. Minimnya power noise memastikan pasokan daya yang lebih stabil sehingga kinerja kartu grafis lebih konsisten dan stabil. Ditambah dengan komponen Super Alloy Power (solid state capacitor, choke, dan MOSFET) yang lebih tahan lama dan anti korosif, DIGI+ VRM membuat kartu grafis dapat bekerja 15% lebih efisien dibanding referensi, sekaligus memperpanjang umur produk 2,5 kali lebih lama.

 

GeForce® GTX 680 DirectCU II TOP dilengkapi dengan GPU Tweak, software suite untuk overclocking yang lengkap. GPU Tweak dengan interface yang intuitif memudahkan pengguna mengatur clock (termasuk untuk boost clock), power consumption target, voltase, dan fan speed, dengan pilihan beberapa profil untuk penggunaan dan kebutuhan yang beragam.

 

Masih ditambah dengan fitur VGA Hotwire, yang sebelumnya telah ditawarkan pada motherboard ASUS ROG. Ditujukan untuk pengguna yang lebih berpengalaman, VGA Hotwire menghadirkan keunggulan overvolting dengan lebih presisi dan lengkap pada tingkat hardware.

 

Pengguna dapat menyolder kabel langsung untuk pengaturan yang lebih akurat pada voltase Vcore, Vmem, juga untuk PLL reading dan adjustment, sehingga dapat lebih membuka peluang untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki kartu grafis. * (Egg/Syam)