Oleh : Yudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Untuk pertama kalinya, Aruba meraih posisi terbaik secara keseluruhan di kuadran ‘Pemimpin’ pada Gartner Magic Quadrant untuk kategori Wired and Wireless LAN Access Infrastructure (Infrastruktur Akses LAN Kabel dan Nirkabel).

 

Aruba juga menduduki peringkat nomor 1 di semua skenario penggunaan dalam laporan tambahan Gartner bertajuk Critical Capabilities, yang menilai skor 16 vendor dalam berbagai kemampuan jaringan pada seluruh enam skenario penggunaan perusahaan enterprise. Ini adalah pertama kalinya suatu vendor memimpin dalam seluruh skenario penggunaan.

 

Gartner juga mencatat bahwa Aruba telah meraih skor lebih tinggi dari Cisco dalam setiap skenario penggunaan, yang merupakan pertama kalinya dalam empat edisi penelitian ini.

 

Hal ini menempatkan Aruba pada posisi teratas sebagai vendor jaringan untuk akses LAN kabel dan nirkabel. Menurut laporan tersebut,

 

Aruba adalah salah satu vendor yang memiliki portofolio terluas untuk solusi akses kabel dan nirkabel di pasaran, dan Gartner merekomendasikan untuk mempertimbangkan Aruba pada semua penggunaan di perusahaan-perusahaan secara global.

 

Aruba telah 12 tahun berturut-turut diposisikan sebagai Pemimpin di pasaran, termasuk pencapaian dalam Magic Quadrant Gartner sebelumnya untuk kategori Wireless LAN Access Infrastructure (Infrastruktur Akses LAN Nirkabel)

 

Selain itu,

o Aruba AirWave dan ClearPass tetap menjadi salah satu solusi paling lengkap di pasaran.

o Gartner menunjukkan bahwa para klien mereka melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap Aruba ClearPass, yang menyediakan guest access, device profiling, posture assessment dan onboarding.

o Kemampuan aplikasi-aplikasi management dan services Aruba (Airwave, ClearPass, IMC, dan Meridian) yang mendukung perangkat-perangkat non-HPE seperti ALE dan Cisco, sehingga menyederhanakan kerjasama antar perangkat dalam lingkungan multivendor, dinyatakan sebagai kekuatan utama.

o Akuisisi Niara dan Rasa Networks memperkuat kemampuan pemantauan lalu lintas jaringan dan keamanan Aruba. * (Yud/Syam)