Oleh : Pratama

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Cloudera, Inc. (NYSE: CLDR), mengumumkan bahwa Octo Telematics, perusahaan pemimpin global di bidang telematika untuk perusahaan asuransi, memperkenalkan inovasi-inovasi bagi layanan asuransi dengan mengumpulkan 186 miliar mil data perjalanan kendaraan dari mobil-mobil yang terhubung dan menerapkan Cloudera Enterprise untuk memprediksi dan melakukan pemodelan risiko pengemudi.

 

Dengan memanfaatkan pembelajaran mesin dan analitik pada Cloudera Enterprise, platform Octo Telematics kini dapat menghadirkan wawasan dan pemodelan risiko yang dapat ditindaklanjuti ke lebih dari 100 perusahaan asuransi di seluruh dunia yang memungkinkan mereka untuk mentransformasi layanan asuransi mereka, termasuk penetapan biaya, First Notice of Loss (FNOL), dan wawasan klaim.

 

Platform Octo Telematics, yang dikembangkan pada Cloudera Enterprise, mengumpulkan lebih dari 11 miliar titik data baru dari 5,4 juta mobil dan sensor yang terhubung setiap harinya, yang menciptakan salah satu basis data terinstal yang terbesar di seluruh dunia bagi mobil-mobil terhubung.

 

Setiap jenis data yang relevan -data kontekstual, data kendaraan, data perilaku, dan data kecelakaan-digunakan untuk memprediksi kebiasaan mengemudi individu, memperbaiki pemberitahuan dan respons kecelakaan, mengevaluasi dinamika kecelakaan, serta mendeteksi kecurangan.

 

“Di Octo Telematics, kami menggunakan kekuatan analitik data IoT guna mentransformasi industri asuransi otomotif dan siap sedia memberi bantuan bagi para pengendara saat mereka membutuhkan pertolongan,” ungkap Gianfranco Giannella, Chief Operating Officer di Octo Telematics.

 

Menurut Giannella, melalui Cloudera, kami menggunakan IoT dan pembelajaran mesin untuk mendorong kecerdasan dan memprediksi hasil perjalanan dari miliaran mil data perjalanan, serta lebih dari 433.000 kecelakaan berat dari lebih dari lima juta mobil terhubung, yang merupakan basis data terinstal yang terbesar di seluruh dunia bagi mobil-mobil terhubung.

 

Ditambahkannya, melalui penawaran layanan Platform-as-a-Solution baru kami, cloud menjadi sangat penting bagi kami, namun karena terkendala persyaratan peraturan, kami juga membutuhkan layanan on-premise.

 

“Cloudera Enterprise secara mendasar mendukung lingkungan hybrid, sehingga kami memiliki fleksibilitas untuk menjalankan data kami di mana kami membutuhkannya dengan biaya total terendah. Kami memiliki platform untuk masa depan,” jelasnya.

 

Menjalankan data antara lingkungan cloud dan on-premise dengan Cloudera Enterprise, Octo mampu menyimpan, memproses dan menganalisis data yang berasal dari lebih dari 20 juta mil perjalanan per menit menggunakan Apache Spark.

 

Data yang diperoleh mencakup berbagai jenis wawasan telematika, termasuk lokasi, akselerasi, pengereman, pemberhentian sesaat, benturan dan tikungan.

 

Data yang diproses kemudian tersedia untuk berbagai algoritma analitik yang berkisar pada model penilaian risiko pengemudi, algoritma penetapan harga, rekonstruksi kecelakaan, manajemen klaim, peringatan dan analisis kecelakaan,

 

Kemudian perilaku pengemudi, pemodelan risiko dan kondisi kendaraan, yang kesemuanya amat penting dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan asuransi dan hasil layanan bagi konsumen.

 

Dengan mengembangkan model pembelajaran mesin pada rangkaian data yang masif ini, Octo kini dapat memformulasikan prediksi dan model risiko yang lebih akurat bagi setiap pengendara.

 

Selain itu, para penguji dapat menguji gagasan dan teknik baru dua kali lebih cepat, serta memperbaiki dengan cepat untuk menghasilkan berbagai produk dan layanan inovatif dengan menggunakan volume data yang belum pernah ada sebelumnya. * (Pra/Syam)