Oleh : Muhammad

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Riverbed® sebagai Digital Performance Company™ mengumumkan, asuransi BUMN, PT Jasa Raharja, telah memilih menggunakan Riverbed SteelConnect, sebuah solusi cloud networking dan software-defined wide-area networking (SD-WAN) untuk menyederhanakan pengelolaan jaringan di 860 lokasi di Tanah Air.

 

SteelConnect akan membantu kantor-kantor lokal Jasa Raharja mendapatkan akses yang cepat dan aman ke aplikasi bisnis terpusat untuk mengurangi ketergantungan pada MPLS sehingga dapat menghemat biaya dan memungkinkan layanan digital baru untuk segera dinikmati sesuai kapasitasnya.

 

SteelConnect membantu Jasa Raharja membangun 32 cabang dalam waktu dua minggu, sambil beradaptasi terhadap perubahan yang lebih cepat seiring peningkatan pengalaman pengguna melalui pengadopsian teknologi digital.

 

Jasa Raharja didirikan untuk membantu korban kecelakaan transportasi di darat, laut, dan udara. Perusahaan ini mengelola jaringan yang tersebar luas pada lebih dari 150 cabang, kantor perwakilan, dan loket pelayanan, serta hampir 1.300 lokasi Samsat (DMV) di seluruh Indonesia. Cabang Jasa Raharja banyak yang berlokasi di daerah terpencil di seluruh Indonesia.

 

Perusahaan ini sedang melakukan transformasi digital yang signifikan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

 

Termasuk rencana untuk memfasilitasi e-payment atau pembayaran elektronik melalui e-Samsat, suatu sistem administrasi online yang terintegrasi antara pihak kepolisian, asuransi, Samsat dan Dinas Pendapatan Daerah, yang bekerjasama dengan bank swasta dan pemerintah untuk mempercepat layanan publik.

 

“Kami dapat mengelola jaringan hibrida yang sangat rumit termasuk pilihan konektivitas yang bervariasi seperti VSAT, MPLS, Internet, dan selular. Kami melakukan semua itu secara sentralisasi, dengan satu tim TI yang kecil di kantor pusat,” kata Tri Haryanto, Head of OCT di PT Jasa Raharja.

 

Menurut Haryanto, menyederhanakan pengelolaan TI secara remote, serta memastikan kinerja digital di cabang-cabang yang jauh menjadi perhatian utama kami.

 

Jasa Raharja membutuhkan suatu modernisasi infrastruktur TI, yang memungkinkan mereka untuk memaksimalkan sumber daya TI yang ada, memusatkan, dan menyederhanakan pengelolaan jaringan dan menghemat biaya dengan memindahkan lebih banyak aliran dari MPLS ke Internet.

 

“Kami mengevaluasi solusi SD-WAN dari Cisco dan Citrix, tapi Riverbed SteelConnect tak tertandingi dalam hal kesederhanaan yang ditawarkannya. Dengan Riverbed, sekarang saya dapat memonitor jaringan, mengelola policy, dan menjalankan layanan digital baru dari satu layar saja – ini dapat membantu mendorong produktivitas dan kinerja digital serta ketangkasan bisnis,” kata Haryanto.

 

Contohnya, sambungnya, kami dapat membangun 32 cabang pertama hanya dalam waktu dua minggu. Dengan adanya support yang didedikasikan khusus selama 24x7, kami yakin dapat menjalankan program ini dengan satu tim TI yang kecil saja. * (Muh/Syam)