Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, MediaProfesi.com - Smart City telah menjadi tren global seiring dengan kemajuan teknologi, dimana masyarakat saat ini menuntut kenyamanan dan kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Untuk masalah ini, Indonesia pun turut serta untuk memulai pembangunan 100 Smart City, yang dimulai dari Jakarta dan diharapkan rampung pada tahun 2019.

 

“Salah satu hambatan dalam pengembangan Smart City di Indonesia adalah keterbatasan dalam sektor teknologi, sehingga masih harus mengimpor teknologi dari negara lainnya,“ ujar Suhono Supangkat selaku Founder of Smart City & Community Innovation Center dalam perhelatan “Build the Smart City with Taiwan Excellence” di Taiwan Excellence Gallery, Jakarta pada Kamis (26/7/2018).

 

Sebaliknya, Taiwan telah membangun Smart City sejak dimulainya millennium baru. Bahkan, Taipei sebagai ibu kota Taiwan, telah menempati peringkat 8 sebagai kota terpintar di Asia.

 

Pencapaian Taiwan ini didukung oleh teknologi berkualitas buatan dalam negeri, yang secara spesifik diciptakan untuk mendukung sistem Smart City.

 

Melalui perhelatan ini brand-brand teknologi ternama yang mendapatkan penghargaan Taiwan Excellence, seperti Acer, Advantech dan Edimax memperkenalkan serangkaian produk teknologi cerdas dengan penggunaan Internet of Things (IOT) yang terintegrasi ke transportasi, rumah, medis, konstruksi, kampus, keamanan dan bahkan ritel.

 

Macy Chen selaku Manager Taiwan Trade Center Jakarta menyatakan bahwa Taiwan berharap untuk dapat terus berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya dalam mengembangkan Smart City di Indonesia, sebagai salah satu mitra dagang terbesar Taiwan di Asia.

 

“Hubungan perdagangan Indonesia-Taiwan terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Saat ini, Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-14 Taiwan, dengan perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai angka 8 miliar pada tahun 2017.” pungkas Macy Chen.

 

Macy menjelaskan bahwa teknologi komuikasi Taiwan yang sangat berkembang adalah fondasi untuk pengembangan Smart City, kami terus mengejar kemajuan dan berharap dapat berbagi keberhasilan dengan mitra Asia kami, Indonesia.

 

Dia mengklaim merek-merek Taiwan sudah dikenal di seluruh dunia karena pengalaman dan teknologi mereka dalam menyediakan solusi Smart City, yang terintegrasi ke transportasi, rumah, medis, konstruksi, kampus, keamanan, dan bahkan ritel. * (Syam)