Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com – Sebaga brand smartphone global, vivo smartphone menjadi salah satu pionir dalam berbagai teknologi, seperti layar FullViewTM Display, Hi-Fi Chip, Kamera, hingga terbaru, sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau Screen Touch ID.

 

Vivo mempredikri bahwa teknologi pemindai sidik jari dalam layar ke depannya akan menjadi standar di smartphone masa depan

 

Memperkenalkan V11 Pro yang akan diluncurkan pada 12 September mendatang, Vivo akan menjadi brand smartphone pertama yang mengusung teknologi Screen Touch ID di Indonesia.

 

“Kami bangga dapat mempelopori hadirnya teknologi pemindai sidik jari di dalam layar pertama kalinya di Indonesia melalui V11 Pro. Kami berharap teknologi ini akan menjadi tren industri smartphone tanah air”, ungkap Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia.

 

Berdasarkan laporan dari HIS Markit berjudul “Display Fingerprint Technology & Market Report -2018, pengapalan smartphone yang menggunakan sensor ‘Under-Display Fingerprint’ diperkirakan akan mencapai sekitar 9 juta unit hingga akhir 2018.

 

Masih pada riset tersebut, diperkirakan pada tahun 2019, angkanya akan meningkat drastis menjadi 100 juta unit di seluruh dunia. Ini tentu saja menunjukkan prediksi bahwa teknologi  pemindai sidik jari di dalam layar akan menjadi sebuah standar baru dalam industri smartphone global.

 

Keberadaan teknologi rintisan Screen Touch ID telah dipublikasikan oleh vivo ke publik pada gelaran Mobile World Congress 2017 di Shanghai, China. Sejumlah tech reviewer dunia memprediksi teknologi ini baru akan diaplikasikan ke dalam smartphone paling cepat pada 2019.

 

Namun, vivo telah mendobrak perkiraan tersebut dengan menghadirkan teknologi Screen Touch ID lebih cepat melalui V11 Pro yang akan meluncur secara resmi di Indonesia pekan depan.

 

Teknologi Screen Touch ID yang digunakan di V11 Pro merupakan pengembangan teknologi In-Display Fingerprint generasi ke-4 yang semakin nyaman dan aman digunakan oleh konsumen.

 

Generasi pertama teknologi pemindai sidik jari bawah layar digunakan pada seri X20 UD, yang hanya dipasarkan di China.

 

Seri kelanjutannya, X21 yang mulai dipasarkan secara global menggunakan teknologi In-Display generasi kedua yang disusul dengan generasi ketiga melalui seri Vivo NEX.

 

Dengan mengintegrasikan Screen Touch ID, dampak positif langsung tampak pada ukuran layar V11 Pro yang semakin membesar plus bezel yang menipis.

 

Selain mengusung Screen Touch ID, V11 Pro juga dibekali dengan sejumlah fitur unggulan antara lain layar Ultra All Screen yang semakin bezel-less untuk pengalaman mobile semakin sinematik.

 

Fitur unggulan lainnya berupa pilihan warna Nebula Purple dan Starry Black yang stylish, AI Camera, dan performa yang powerful dengan 6GB RAM/ 64GB ROM, serta teknologi Fast Charging.

 

"Kami juga mengakomodasi kebutuhan konsumen yang ingin mendapatkan V11 Pro dengan membuka Early Pre-Order Voucher di E-commerce Shopee, JD.id, dan Akulaku. Konsumen dapat melakukan pembelian voucher yang dapat ditukar dengan cashback saat Pre-order dibuka pekan depan,” pungkas Edy. * (Syam)