Oleh : Wahyu

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Vivo V11 Pro telah diluncurkan dengan mengusung berbagai fitur unggulan, salah satunya sensor pemindai sidik jari di dalam layar atau Screen Touch ID.

 

Fitur ini tentu saja menjadi sesuatu yang menjadi daya tarik Vivo V11 Pro, karena menajdi smartphone pertama di Indonesia, serta V-Series global yang mengusung fitur yang telah diantisipasi sebagai fitur smartphone masa depan.

 

Untuk mengenal lebih jauh mengenai fitur yang dikembangkan vivo bersama Synaptics ini, berikut beberapa fakta mengenai Screen Touch ID.

 

Bekerja Menggunakan Sensor Khusus. Berbeda dengan pemindai sidik jari konvensional , Screen Touch ID menggunakan sensor sidik jari optik yang ditanamkan pada bagian belakang panel layar OLED smartphone.

 

Teknologi Screen Touch ID yang memanfaatkan tiga urutan layer berupa Glass Cover/ kaca setebal 0,68mm, OLED Glass Layer, dan OLED Luminescent Unit yang telah dipatenkan.

 

Sensor yang didukung oleh Synaptics ini memancarkan cahaya pada jari pengguna yang telah didaftarkan, dan menangkap cahaya yang dipantulkan untuk memetakan sidik jari. Hasil pemetaan cahaya sidik jari inilah yang menjadi kode autentikasi yang membuka kunci smartphone.

 

Screen Touch ID juga semakin disempurnakan untuk membaca sidik jari lebih cepat dan lebih aman dari generasi sebelumnya, serta semakin akurat dengan sistem robust anti-spoofing yang sekaligus mencegah percobaan manipulasi sidik jari.

 

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan tempered glass yang tersedia di Vivo Store jika diinginkan tanpa mempengaruhi kinerja sensor Screen Touch ID.

 

Teknologi High-End Smartphone. Teknologi Screen Touch ID mulai diperkenalkan pertama kali oleh vivo di ajang Mobile World Congress Shanghai 2017.

 

Setahun kemudian di acara CES Las Vegas awal tahun 2018, vivo meluncurkan smartphone pertama yang mengadopsi teknologi tersebut pada seri  X20 dan X21, disusul kemudian dengan seri NEX. Teknologi ini menurut riset akan mulai menjadi salah satu fitur standar smartphone pada 2019.

 

Dengan penambahan sensor optik khusus Synaptics, dan kebutuhan akan layar OLED untuk dapat bekerja, teknologi ini pun dimaksudkan sebagai bagian dari fitur high-end smartphone.

 

Dengan harga resmi Rp 4.999.000, Vivo V11 Pro menjadi smartphone dengan harga paling kompetitif di Indonesia, bahkan global yang telah mengusung teknologi ini.

 

Autentikasi Ganda – Smartphone & Aplikasi. Bagi pengguna yang membutuhkan fitur keamanan ekstra bagi fitur-fitur tertentu, Screen Touch ID pada Vivo V11 Pro juga bekerja ganda, baik untuk autentikasi membuka kunci layar smartphone, sekaligus autentikasi aplikasi yang ada pada smartphone, termasuk media sosial, messaging, dan album.

 

Selain itu, pengguna juga bisa mendaftarkan lebih dari 1 sidik jari pada Vivo V11 Pro tanpa mengurangi keakuratan pemindaian.

 

Vivo V11 Pro juga kompatibel untuk aplikasi pembayaran yang menggunakan autentikasi sidik jari. Dengan pemindaian langsung pada layar, ini tentu menambah kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi pembayaran favorit.

 

Vivo V11 Pro hadir dalam rangkaian fitur unggulan lainnya yaitu: (1) AI Camera 25MPAI Selfie Camera,  dan 12MP(Dual Pixel )+5MP Dual Rear AI Camera; Prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE, ROM 64GB dan RAM 6GB; Dual-Engine Fast Charging dengan 9 lapis perlindungan, dan desain futuristik dengan 3D desain dan gradien warna yang stylish yaitu Nebula Purple dan Starry Black. * (Wah/Syam)