Oleh : Yudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Menjelang Mobile World Congress, Nokia mengumumkan penyempurnaan untuk portofolio Anyhaul transport yang membantu para operator menyiapkan jaringan mereka menuju 5G dengan memberikan kecepatan throughput hingga 25 Gbps sampai ke base stations.

 

Peluncurannya mencakup microwave, optik, IP, dan teknologi broadband dalam arsitektur carrier Software Defined Networking (SDN) transport.

 

Hal ini memudahkan integrasi transport dengan akses radio berbasis cloud dan core networks, sehingga memungkinkan pembagian jaringan 5G end-to-end secara otomatis dan sistem penyediaan layanan. Nokia Anyhaul adalah rangkaian solusi transport terbesar di industri.

 

Solusi ini dapat secara cepat dan dinamis disediakan guna mendukung konektivitas secara masif, latensi rendah yang ekstrim dan permintaan throughput yang sangat tinggi dari layanan 5G.

 

Programabilitas dan otomatisasi secara dinamis membagi jaringan transport untuk secara cepat dan hemat biaya menyesuaikan dengan aplikasi yang beragam dan kebutuhan pengguna dengan jaminan penyediaan layanan end-to-end.

 

Portofolio Nokia Anyhaul memungkinkan operator untuk mengoptimalkan perpaduan dari teknologi transport guna menciptakan fabric fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik jaringan dan bisnis mereka.

 

Jimmy Yu, Vice President, Dell'Oro Group, mengatakan, Mobile backhaul selalu dilakukan dengan berbagai teknologi transport untuk menyeimbangkan kebutuhan dari segi kinerja, waktu, dan ekonomi.

 

Menurut Jimmy Yu, begitu juga dengan 5G, dan untuk alasan ini, para operator akan membutuhkan berbagai macam teknologi transport - microwave, optik, IP dan PON – yang sesuai dengan persyaratan unik mereka di fronthaul dan backhaul 5G.

 

Peluncuran 5G baru saja dimulai tahun ini dan jika prediksi kami benar, permintaan untuk sistem transport backhaul 5G (tidak termasuk fiber) akan mulai diterapkan dalam waktu satu tahun dan melampaui penjualan tahunannya sebesar $ 1 miliar dalam dua tahun berikutnya.

 

Phil Twist, VP of Networks Marketing and Communications, Nokia menyampaikan, portofolio Anyhaul kami adalah elemen kunci dari arsitektur Nokia 5G Future X, yang akan membantu pelanggan kami untuk mengambil keuntungan dari kemampuan generasi teknologi jaringan berikutnya.

 

“Nokia Anyhaul telah digunakan secara global dan sekarang sedang diseleksi di negara-negara seperti AS, Jepang, Cina, dan Korea Selatan di mana kami membantu para fast-movers bertransformasi ke 5G,” ujar Phil Twist.

 

Dia menyebut, keahlian dan praktik terbaik yang bernilai besar yang kami dapatkan akan semakin menyederhanakan dan mengurangi risiko bagi operator lain saat mereka pindah ke 5G.

 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang portofolio produk dan layanan Nokia, kunjungi Nokia Experience Center di Hall 3, Stand 3A10 dalam ajang Mobile World Congress, Fira Gran Via, di Barcelona, Spanyol mulai tanggal 25 hingga 28 Februari 2018. https://www.nokia.com/mwc.

 

Bergabunglah di ajang #MWC19 dan dapatkan update real-time melalui channel media sosial Nokia. * (Yud/Syam)