Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Red Hat, Inc., hari ini mengumumkan pemenang Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019 untuk Indonesia yakni PT Bank Central Asia (BCA) dan Telkomsel.

 

Kedua perusahaan tersebut menerima penghargaan dalam ajang Red Hat Forum di Jakarta (3/10/2019), Indonesia hari ini atas penggunaan solusi-solusi Red Hat yang luar biasa dan inovatif.

 

Dengan tema “Expand Your Possibilities”, Red Hat Forum Asia Pasifik 2019 bertujuan untuk menginspirasi perusahaan untuk berpikir di luar kebiasaan normal mereka sehari-hari dan tantangan yang mereka hadapi, dan mengeksplorasi cara-cara open source yang dapat membantu menghadirkan inovasi yang berdampak.

 

Salah satu langkah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan pemikiran kreatif, penyelesaian masalah yang gigih, serta penggunaan transformatif dari teknologi-teknologi Red Hat melalui Red Hat Innovation Awards Asia Pasifik 2019.

 

Para pemenang dipilih berdasarkan dampak dari penerapan solusi-solusi Red Hat yang mereka lakukan terhadap bisnis, industri, dan komunitas mereka.

 

Perusahaan-perusahaan ini menunjukkan bagaimana tool dan budaya open source adalah kunci untuk mencapai efisiensi, produktivitas, dan kelincahan, yang semuanya dapat memungkinkan inovasi berkelanjutan dan membantu mereka dalam menciptakan landasan yang fleksibel yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini dan di masa depan.

 

PT Bank Central Asia (BCA) menerima penghargaan dalam bidang kategori “Integrasi Agile”. Karena BCA dinilai berusaha untuk menjadi lebih agile, serta mengembangkan dan menerapkan layanan dengan cara yang lebih responsif.

 

Hal ini memotivasi mereka untuk beralih dari platform integrasi aplikasi enterprise lama mereka ke platform yang menawarkan integrasi berbasis API dan memungkinkan kelincahan yang lebih besar.

 

Dengan menerapkan Red Hat OpenShift Container Platform dan Red Hat 3Scale API Management dengan bantuan Red Hat Consulting, BCA memperoleh arsitektur modern berbasis API untuk mengintegrasikan sistem dan aplikasi internal mereka secara lebih cepat dan dengan cara yang skalabel.

 

Karena arsitektur ini juga telah diverifikasi untuk mematuhi standar kebijakan dan tata kelola keamanan TI BCA, arsitektur tersebut memungkinkan tim aplikasi TI perusahaan untuk mengembangkan dan menyebarkan aplikasi secara lebih aman dan efisien.

 

Kemampuan ini membantu mempercepat waktu untuk mencapai pasar dari inisiatif dan fitur-fitur baru dari produk-produk yang sudah ada, yang pada akhirnya memberdayakan BCA untuk menghadirkan layanannya untuk memenuhi kebutuhan keuangan baik pelanggan yang sudah ada maupun yang belum memiliki rekening bank.

 

Sementara Telkomsel Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia, meraih penghargaan dalam bidang kategori “Transformasi Digital”.

 

Sebagai operator seluler pertama yang meluncurkan layanan mobile 4G LTE secara komersial di Indonesia, Telkomsel dikenal akan inovasinya yang konsisten dalam memperluas bisnis digitalnya, termasuk gaya hidup digital, layanan keuangan mobile, iklan digital, Big Data, dan Internet of Things (IoT).

 

Sejak bekerja sama dengan Red Hat, Telkomsel telah mampu meningkatkan kelincahannya sehingga mencapai peningkatan sebesar tiga kali lipat dalam mencapai pasar untuk menghadirkan produk-produk terbaru. Mengotomatiskan proses juga membebaskan sumber daya dalam berinovasi dan meningkatkan tingkat layanan pelanggannya.

 

Kategori Transformasi Digital mengakui perusahaan yang telah berhasil mengatasi tantangan TI dan menghadirkan nilai bisnis untuk bersaing secara efektif sebagai perusahaan digital.

 

Para pemenang akan dianugerahkan penghargaan di setiap ajang dalam rangkaian acara Red Forum Asia Pasifik di 10 negara yang berbeda. Setiap Forum akan menampilkan maksimal dua proyek pemenang, di mana perusahaan enterprise dan instansi pemerintah didorong untuk berpartisipasi.

 

Dirk-Peter van Leeuwen, Senior Vice President and General Manager, APAC, Red Hat mengatakan, Open source memiliki kekuatan untuk tidak hanya meningkatkan sistem TI, tetapi juga mentransformasi cara kita berinteraksi dan menyelesaikan masalah secara kolektif. * (Syam)