Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Zoloz, penyedia teknologi Know Your Customer (e-KYC) elektronik terkemuka di dunia dan salah satu perusahaan Ant Financial, menerima sertifikasi Presentation Attack Detection (PAD) Level 1 dan Level 2 sesuai dengan standar ISO 30107-3 untuk teknologi biometriknya.

 

Tes ini dilaksanakan oleh iBeta, penyedia jaminan kualitas pihak ketiga yang independen. ISO 30107-3 merupakan standar internasional paling ketat untuk teknologi biometrik yang mendefinisikan prinsip-prinsip dasar untuk keamanan biometrik.

 

Penguji mensimulasikan seorang pengguna dengan maksud jahat yang mencoba untuk mengakali sistem otentikasi biometrik Zoloz dengan foto, video, dan topeng plastik.

 

Selama pengujian, teknologi Zoloz mencapai tingkat kesalahan klasifikasi presentasi serangan (attack presentation classification error rate/APCER) sebesar 0% yang menunjukkan bahwa sistemnya tidak dapat disusupi oleh serangan yang disebutkan di atas.

 

Chen Jidong, General Manager Zoloz, mengatakan, Sertifikasi ISO ini mengakui ketahanan sistem otentikasi biometrik Zoloz, yang memiliki tingkat akurasi hingga 99,99 persen. Dengan teknologi khusus untuk sektor finansial ini, Zoloz berkomitmen untuk menyediakan solusi e-KYC yang efisien bagi bank-bank dan lembaga keuangan yang sangat mengurangi kompleksitas verifikasi identitas dan proses otentikasi.

 

Sistem e-KYC Zoloz menerapkan teknologi biometrik multimodal canggih dan hanya membutuhkan smartphone dan tanda pengenal sehingga menawarkan pengguna suatu cara mudah untuk menyelesaikan seluruh proses verifikasi melalui tanda pengenal dan pemindaian wajah.

 

Sejauh ini, solusi Zoloz telah diadopsi oleh banyak bank dan lembaga keuangan, termasuk e-wallet seperti TnGD di Malaysia, GCash di Filipina, Dana di Indonesia, dan TrueMoney di Thailand.

 

Hingga saat ini, Zoloz merupakan satu dari hanya empat perusahaan di dunia yang telah mencapai kepatuhan ISO 30107-3 Level 2 untuk teknologi biometrik.

 

Teknologi Zoloz juga telah disertifikasi sesuai dengan standar Payment Card Industry Data Security Standards (PCI-DSS) dan Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001. * (Syam)