Oleh : Muhammad

 

Jakarta, Mediaprofesi.com –Dassault Systèmes (Euronext Paris: #13065, DSY.PA) hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Central-South Architectural Design Institute (CSADI) di China untuk mendukung simulasi dan evaluasi penyebaran virus di lingkungan terbatas Rumah Sakit Leishenshan di Wuhan, China.

 

Sebagai fasilitas kesehatan terbesar untuk penyakit menular dan pasien COVID-19, Rumah Sakit Leishenshan modular dibangun dengan "kecepatan ala China," dan mengejutkan dunia dengan konstruksi hanya 14 hari.

 

CSADI dan Dassault Systèmes menggunakan kemampuan replika platform 3DEXPERIENCE untuk mensimulasikan kontaminasi dan penyebaran virus dalam sistem ventilasi rumah sakit guna menangkal efek negatif dari risiko ventilasi tak terduga.

 

Sebagai mitra strategis Dassault Systèmes di China, CSADI mendesain Rumah Sakit Leishenshan. Pertimbangan utama CSADI adalah menghindari kontaminasi dari lingkungan terdekat, terutama meminimalkan infeksi silang di rumah sakit, serta dampak apa pun terhadap lingkungan internal, kerumunan dan sekitarnya.

 

Dengan tujuan tersebut, Dassault Systèmes mendonasikan software SIMULIA XFlow yang didukung platform 3DEXPERIENCE ke CSADI, untuk simulasi cairan di dalam dan di luar ruangan, penyebaran virus di sistem ventilasi, serta proyek-proyek lain di Rumah Sakit Leishenshan.

 

“CSADI menunjukkan 'China Speed’ selama pembangunan Rumah Sakit Leishenshan dan akan menggunakan software canggih SIMULIA XFlow Dassault Systèmes untuk mensimulasikan skema distribusi udara dalam ruangan dan mengoptimalkan saran tentang pembuangan kontaminasi yang lebih baik di bangsal bertekanan negatif, demi melindungi tenaga medis,” kata Zhang Shen, Direktur Pusat Teknologi Digital Teknik, CSADI.

 

Zhang Shen menuturkan, SIMULIA XFlow juga mensimulasikan dampak emisi gas buang luar ruangan terhadap lingkungan sekitarnya untuk membantu pemilihan desain dan lokasi rumah sakit modular.


“Dassault Systèmes berkomitmen membantu perusahaan di China memerangi COVID-19 dengan bantuan teknologi, berfokus pada restorasi dan pengembangan perusahaan setelah pandemi berakhir,” kata Ying Zhang, Managing Director Dassault Systèmes, Greater China.

 

“Sebagai sebuah perusahaan, kami telah memperluas fokus kami dari benda ke kehidupan (From Things to Life). Ini adalah kepedulian Dassault Systemes terhadap kehidupan manusia yang mendorong kami untuk berkontribusi positif bagi lingkungan selama pandemi dan untuk rumah sakit di masa depan bersama CSADI,” tambahnya.

 

Setiap hari, kekuatan platform 3DEXPERIENCE untuk berkolaborasi dan mengeskploitasi nilai pengalaman 3D virtual twin ditampilkan. Diterapkan secara sistematis untuk mendesain, merekayasa dan memproduksi, 3DEXPERIENCE memberikan kolaborasi jarak jauh tanpa hambatan kapan saja, di mana saja, dan memungkinkan pengguna untuk memahami, mengalami dan berkomunikasi.

 

“Di tengah krisis saat ini, pendekatan kolaboratif berbasis 3D cloud kami menggantikan pendekatan lama berbasis dokumen dan lebih lambat,” pungkasnya. * (Muh/Syam)