Oleh : Syamhudi

 

Jakarta, Mediaprofesi.com - Nutanix (NASDAQ: NTNX), mengumumkan bahwa perusahaan akan memperluas ketersediaan layanan desktop virtual Xi Frame di Asia Pasifik dan Jepang, yang di kawasan tersebut banyak perusahaan tengah barjuang mengatasi dampak wabah COVID-19.

 

Xi Frame adalah layanan berbasis cloud yang menghadirkan desktop virtual bagi perusahaan-perusahaan melalui web browser yang memberikan fleksibilitas, keselamatan, keamanan, dan akses tanpa software atau plugin.


Xi Frame kini akan tersedia di lima ‘kawasan’ cloud baru, dua di Google Cloud Platform (GCP), dengan lokasi di Osaka, Jepang dan Seoul, Korea Selatan, serta tiga di Microsoft Azure, dengan lokasi di Korea Selatan Tengah, serta Australia Selatan dan Australia Tengah.

 

Peningkatan kapasitas ini akan memberikan akses yang lebih mudah ke layanan “work from home” berbasis cloud bagi lebih banyak perusahaan, di tengah meningkatnya dampak wabah COVID-19 terhadap perekonomian regional dan global.


Dengan adanya pengumuman ini, layanan tersebut kini tersedia di 25 pusat data Azure, AWS, dan GCP di seluruh kawasan Asia, sehingga perusahaan-perusahaan akan lebih mudah mengakses berbagai layanan dan tetap efisien, produktif, dan beroperasi di masa-masa yang bergejolak ini. Jumlah total pusat data yang didukung secara global adalah 63.

 

Ketika perusahaan-perusahaan berjuang untuk mengatasi pembatasan perjalanan yang ketat akibat merebaknya wabah COVID-19, teknologi menjadi jawaban untuk membantu menjaga agar para staf perusahaan tetap aman dan sehat, sekaligus memastikan mereka tetap efisien dan produktif.

 

Xi Frame adalah ruang kerja virtual berbasis cloud yang dapat diinstal dan siap digunakan dalam waktu satu jam sehingga individu, tim, pelanggan, dan mitra dan mereka dapat bekerja di mana saja, melalui perangkat apa saja dengan akses aman dan lengkap ke desktop, file, serta jaringan mereka.

 

“Kami berkomitmen membantu perusahaan-perusahaan di Asia agar memiliki akses ke tool-tool yang mereka butuhkan untuk melewati situasi saat ini,” tutur Nikola Bozinovic, VP dan GM Desktop Services, Nutanix.

 

Bozinovic menyatakan kecepatan kami menambahkan Xi Frame ke fasilitas-fasilitas tambahan tersebut menjadi bukti kemampuan solusi cloud-native dalam skala web untuk merespons situasi yang berubah cepat hampir secara real-time. Ini adalah suatu hal yang kita semua harus terbiasa.

 

"Ketika para karyawan di Asia kesulitan untuk pergi ke kantor, kami membawa kantor ke para karyawan tersebut," ujar Matt Young, SVP Sales, Asia Pasifik dan Jepang, di Nutanix.

 

Dikatakan Young, pihaknya membuat perusahaan-perusahaan di Asia untuk semudah mungkin mengakses solusi-solusi yang diperlukan guna menjaga agar para karyawan dan mitra bisnis mereka tetap aman, serta perusahaan-perusahaan tersebut tetap produktif dan menguntungkan, terutama di masa-masa yang terus berubah dan tidak dapat diprediksi seperti saat ini.

 

Sebelumnya Nutanix mengumumkan penawaran free trial selama 30 hari tanpa batasan jumlah pengguna untuk Xi Frame di seluruh Asia Pasifik dan perluasan dukungan dalam membantu perusahaan-perusahaan yang terdampak COVID-19 untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka. * (Syam)