Oleh : Wahyu


Jakarta, Mediaprofesi.om - Nutanix (NASDAQ: NTNX), pemimpin teknologi cloud computing untuk enterprise, dan Wipro Limited (NYSE: WIT, BSE: 507685, NSE: WIPRO), perusahaan global terkemuka di bidang layanan teknologi informasi, konsultasi dan proses bisnis, mengumumkan peluncuran Wipro Digital Database Services (DDS) yang didukung software Nutanix Era dan Nutanix HCI.

 

Dengan solusi ini, perusahaan-perusahaan dapat mengelola database secara efisien sehingga mengoptimalkan waktu dan kerja tim TI.

 

Wipro Digital Database Services (DDS) berbasis solusi Nutanix untuk Database, termasuk software Nutanix HCI dan Nutanix Era, memungkinkan perusahaan dan pengguna menyediakan dan mengelola database secara tepat waktu, tanpa harus menguasai pengetahuan tentang hardware, software database, serta konfigurasi terkait.

 

Dampaknya, aplikasi bisa dirilis lebih cepat sehingga administrator database dapat lebih berfokus pada inovasi baru.

 

Wipro DDS dengan dukungan Nutanix memampukan pelanggan untuk mengkonsolidasikan beban kerja database mereka ke infrastruktur bersama yang digunakan untuk mengelola database yang terpisah-pisah. Hal ini akan meningkatkan efisiensi, kelincahan, penghematan biaya, dan skalabilitas di seluruh perusahaan melalui otomatisasi dan menyederhanakan administrasi database.

 

Manfaat lain dari solusi bersama ini meliputi:

o Pengurangan biaya: Pengurangan biaya akuisisi/pengadaan dan pengoperasian database, konsolidasi dan pemanfaatan sumber daya yang efektif (mengontrol database yang terpisah-pisah, manajemen lifecycle yang lebih baik), pemanfaatan waktu administrator database yang lebih baik agar lebih fokus pada inovasi dan optimasi

o Penyediaan cepat: Memberikan layanan dalam hitungan menit saja (tak lagi sampai berhari-hari); lini bisnis, administrator database, atau pengguna non-TI dapat menggunakan layanan melalui portal self-service, sehingga mengurangi waktu secara keseluruhan.

o Harga yang inovatif: Model penyediaan solusi berbasis cloud (as-a-service) membuat biaya dapat diprediksi dan mudah dibagi ke unit-unit bisnis, sehingga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terjamin

o Penggunaan ulang (reusability): Solusi terintegrasi dengan platform manajemen cloud pihak ketiga dan orchestration tool untuk membantu penggunaan ulang investasi solusi yang ada

o Dukungan: Dukungan untuk berbagai teknologi dan versi database

o Otomatisasi: Memberikan efisiensi lebih tinggi dan perubahan penyediaan layanan yang lebih cepat dengan kualitas dan prediksi yang lebih baik

 

Satish Yadavalli, Vice President, Cloud and Infrastructure Services, Wipro Limited mengatakan, penawaran bersama Wipro dan Nutanix ini memberikan kelincahan, kecepatan, dan fleksibilitas untuk aplikasi inti dan aplikasi digital sebagai sebuah solusi berbasis cloud (as a service).

 

Wipro Digital Database Service (DDS) yang didukung platform Nutanix HCI dan Nutanix Era memberikan layanan komprehensif, mulai dari transisi, modernisasi, deployment yang terus-menerus, dan operasional manajemen lifecycle otomatis untuk database perusahaan, open source, dan NoSQL.

 

“Proses integrasi menjadi lebih sederhana karena para developer dan pemilik aplikasi memiliki akses ke repository API yang layanannnya sudah dikustomisasi. Dengan solusi bersama ini, kami yakin dapat membantu para pelanggan kami dalam mengoptimalkan sumber daya database dan biaya lisensi mereka,” jelas Satish Yadavalli.

 

Bala Kuchibhotla, Vice President and General Manager, Nutanix Era and Business Critical Apps, Nutanix menyatakan, manajemen database dalam infrastruktur lawas pada dasarnya sangat kompleks dan membutuhkan sumber daya besar dari administrator database, sehingga menghabiskan waktu yang seharusnya digunakan untuk menghasilkan inisiatif yang lebih penting.

 

Dengan pertumbuhan volume data yang eksponensial dari tahun ke tahun, penyediaan, perlindungan, patching, kinerja dan kegiatan pengelolaan copy data menjadi lebih melelahkan dan mahal.

 

Kemitraan kami dengan Wipro akan membantu mengembangkan solusi Database-as-a-Service yang efisien dan elegan bagi para pelanggan, sesuai misi kami untuk membantu perusahaan apapun memanfaatkan kekuatan cloud,” tutup Bala Kuchibhotla. * (Wah/Syam)