Oleh : Wahyu


Jakarta, Mediaprofesi.com - Nutanix (NASDAQ: NTNX), pemimpin teknologi cloud computing untuk enterprise, mengumumkan kemitraan dengan Udacity, platform pembelajaran online global, untuk menghadirkan program Hybrid Cloud Nanodegree.

 

Program terbaru ini akan meningkatkan peluang belajar di bidang teknologi cloud yang sedang populer dan berperan penting bagi perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan infrastruktur TI mereka. Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Nutanix juga akan mensponsori 5.000 beasiswa untuk membantu para profesional TI meningkatkan pengetahuan mereka.

 

Para era ini, semakin banyak layanan yang berpindah ke cloud. Tim TI tentunya memerlukan pengetahuan dan keahlian untuk mengelola infrastruktur model hybrid secara benar, baik di lingkungan perusahaan maupun public cloud. Kendati teknologi hybrid cloud terus berkembang, kesempatan untuk mempelajari bidang ini masih stagnan.

 

Survei Nutanix’s Enterprise cloud Index terbaru mengatakan, sebanyak 85% responden mengakui hybrid cloud merupakan model operasioal TI yang ideal. Namun, 32% responden melaporkan bahwa keterampilan cloud hybrid di perusahaan mereka masih kurang.

 

Untuk mengisi kesenjangan pengetahuan ini, Udacity dan Nutanix berkolaborasi mengembangkan sebuah program Nanodegree yang dapat meningkatkan pengetahuan para profesional TI berpengalaman.

 

Untuk memperkuat pengembangan profesional di bidang ini, program Nanodegree akan meliputi pembelajaran mengenai infrastruktur private cloud modern dan desain implementasi aplikasi hybrid. Peserta ideal adalah mereka yang mengelola aplikasi bisnis tradisional, infrastruktur lawas (legacy), ataupun aplikasi khusus untuk cloud (cloud-native) di infrastruktur public cloud.

 

“Salah satu tujuan utama kami di Nutanix adalah untuk memastikan bahwa para profesional teknologi cloud dapat terus berinovasi pada bidang keahlian yang sedang berkembang ini,” kata Wendy M. Pfeiffer, CIO di Nutanix.

 

Pfeiffer merasa senang sekali dapat bekerja sama dengan Udacity untuk mengembangkan program Hybrid Cloud Nanodegree, dan saat ini membuka akses bagi ribuan profesional cloud terkemuka melalui program beasiswa.

 

Untuk memastikan semua peserta yang ingin meningkatkan pengetahuan di lingkungan cloud memperoleh peluang tersebut, Udacity membuka pendaftaran untuk program Beasiswa Nutanix Hybrid Cloud.

 

Sebagai tahap pertama, Udacity akan memilih 5.000 pendaftar untuk berpartisipasi dalam kursus Hybrid Cloud Fundamentals. Dari jumlah tersebut akan disaring 500 peserta berprestasi yang akan mendapat beasiswa penuh untuk program Hybrid Cloud Nanodegree.

 

“Di Udacity, kami berusaha memberdayakan para profesional dengan keterampilan yang paling banyak dicari di masa depan,” kata Gabe Dalpotro selaku CEO Udacity.

 

Seperti diungkapkan Pfeiffer, dimana Dalpotro pun merasa senang bekerja sama dengan Nutanix, pelopor dan pemimpin di bidang cloud computing, untuk menciptakan program Hybrid Cloud Nanodegree yang baru dan penting ini. * (Wah/Syam)